Thursday, February 16, 2017

INSTALL PROXMOX !!

Assalamu'alaikum wr. wb.


Hai? Pada hari ini saya akan posting bagaimana cara install proxmox. Langsung aja ya?

A. Pengertian
Proxmox VE (Virtual Environtment) adalah distribusi berbasis Debian etch (x86_64). Proxmox adalah paltform virtualisasi bersifat opensource yang mendukung untuk menjalankan virtual mesin berbasis KVM dan OpenVZ.

B. Latar Belakang
Adanya proxmox, maka semua server dapat terhubung dalam suatu jaringan menjadi satu secara konstan sehingga mampu mengefesien waktu. Selain itu proxmox memiliki web console yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dalam virtualisasi dan maintenance server.
C. Maksud dan tujuan
Agar pembaca bisa mengetahui cara menginstall proxmox.
D. Alat dan bahan
  • PC (RAM minimal 2GB, Jumlah core minimal 2 Core)
  • Jaringan internet
  • Bootable proxmox
E. Pelaksanaan
1. Pertama, tancapkan flashdisk bootablenya, lalu masuk BIOS, setting, save.
2. Selanjutnya, kita akan masuk ke tampilan pertama. Pilih "Install proxmox ve".
 
3. Lalu, di langkah selanjutnya ini, isinya adalah persetujuan pengguna jika ingin menggunakan software, pilih I Agree untuk menyetujui, karena untuk ke tahap berikutnya harus menyetujui persetujuannya terleih dahulu.

 

4. Tahap ini berisi pengaturan patisi/storage, secara default proxmox akan membagi partisi nya secara otomatis, jika anda ingin mengature nya sendiri anda bisa buka menu "options", disini saya menggunakan vmware, setelah pengaturan patisi selesai di lakukan, klik next. 
  

5. Tahap ini berisi pangaturan zona dimana proxmox yang anda install, anda bisa sesuaikan dengan zona anda, selain itu anda juga dapat memilih tampilan keyboard yang di gunakan nantinya, untuk melanjutkan ke tahap berikut nya anda bisa klik next.
  

6. Di tahap ini lah pengaturan/pemberian pasword di lakukan, plus juga alamat email yang anda gunakan, bila di rasa password sudah sesuai dengan keinginan, untuk menlanjutkan ketahap berikutnya anda bisa klik next.
 

7. Selanjutnya di tahap ini di dalam nya berisi, pengaturan alamat address, alamat gateway,netmask, dns, dan juga hostname, untuk alamat-alamat tersebut anda bisa sesuaikan dengan kondisi jaringan anda, bilamana semua hall tersebut sudah di tentukan anda bisa lanjut ketahap berikut nya dengan cara klik tombol next.
 

8. Lalu, di tahap ini di mulailah proses instalasi proxmox, untuk range waktu sekitar 7 menit yang anda butuhkan untuk menginstall proxmox ini, tunggu proses nya sampai selesai.
 

9. Jika proses instalasi sudah selesai, kita akan di bawa pada tampilan cli, untuk login nya anda bisa menggunakan akun root dan untuk pasword nya anda bisa masukkan pasword yang sudah anda buat sebelum nya. 
 

10. Untuk mengakses vm nya lewat browser, akes di halam browser anda https://192.168.43.80:8006 , tetapi sebelum nya kita pastikan terlebih dahulu apakah alamat ip tersebut bisa di akses, setelah muncul tampilan login, gunakan username root dan juga password yang sudah anda buat sebelum nya.
  

11. Selesai :) Sudah login ke proxmoxnya..



Mungkin untuk kali ini cukup sekian, semoga membantu dan bermanfaat. :)

Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Facebook Instagram Email

Translate

Total Pageviews

Followers

My Info

SMK NEGERI PRINGSURAT
LEARN for yesterday => LIVE for today => HOPE for tomorrow !

Blog Archive

Popular Posts

Copyright © VINA'S - NOTES | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com