Saturday, April 22, 2017

Memahami Port Forwarding

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang Port Forwarding!



A. Pengertian Port Forwarding
Port forwarding atau pemetaan port adalah aplikasi terjemahan alamat jaringan (NAT) yang mengalihkan permintaan komunikasi dari satu kombinasi alamat dan nomor port ke paket lain sementara paket melintasi gateway jaringan, seperti router atau firewall. Teknik ini paling sering digunakan untuk membuat layanan pada host yang berada pada jaringan yang dilindungi atau disamarkan (internal) yang tersedia untuk host di sisi berlawanan dari gateway (jaringan eksternal), dengan memetakan ulang alamat IP tujuan dan nomor port komunikasi ke Sebuah host internal.
B. Latar Belakang
Dengan metode ini, kita dapat terhubung jaringan jarak jauh.
C. Maksud dan tujuan

  • Agar kita dapat lebih mengetahui tentang port forwarding.
  • Untuk diterapkan ke kehidupan sehari - hari.


D. Pembahasan Materi

Tujuan Port Forwarding

  • Memungkinkan komputer jarak jauh (misalnya ISP) untuk terhubung ke komputer atau layanan tertentu di dalam jaringan LAN pribadi.
  • Administrator jaringan menyisihkan satu nomor port di gateway pada saat mengkonfigurasi port forwarding untuk penggunaan eksklusif berkomunikasi dengan layanan di jaringan pribadi, yang berada pada host tertentu. 
  • Host eksternal harus mengetahui nomor port ini dan alamat gateway untuk berkomunikasi dengan layanan internal jaringan.

Aplikasi yang umum termasuk yang berikut :
Menjalankan server HTTP publik di dalam LAN pribadi
  • Mengijinkan akses Secure Shell ke host di LAN pribadi dari Internet
  • Memungkinkan akses FTP ke host di LAN pribadi dari Internet
  • Menjalankan server permainan yang tersedia untuk umum di dalam LAN pribadi
Jenis port forwarding :
  • Local port forwarding 

Local port forwarding adalah jenis port forwarding yang paling umum. Digunakan untuk meneruskan data dengan aman dari aplikasi klien lain yang berjalan pada komputer yang sama dengan Secure Shell Client. Jenis ini memungkinkan pengguna terhubung dari komputer lokal ke server lain. Dengan menggunakan port forwarding lokal, firewall yang memblokir halaman web tertentu dapat dilewati. Dua item penting dalam port forwarding lokal ini adalah server tujuan dan dua nomor port.

  • Remote port forwarding
Memungkinkan komputer lain mengakses aplikasi yang di host di server jarak jauh. Dua contoh :
  1. Karyawan perusahaan host server FTP di rumahnya sendiri dan ingin memberikan akses ke layanan FTP kepada karyawan yang menggunakan komputer di tempat kerja. Untuk melakukan ini, seseorang karyawan dapat mengatur port forwarding jarak jauh melalui SSH di komputer internal perusahaan dengan memasukkan alamat server FTP mereka dan menggunakan nomor port yang benar untuk FTP (Port FTP standar adalah TCP atau 21)
  2. Membuka sesi remote dekstop. Melalui SSH, ini bisa dilakukan dengan membuka port komputasi jaringan virtual (5900) dan termasuk alamat komputer tujuan.

    • Dynami port forwarding
    Dynamic port forwarding (DPF) adalah metode on-demand untuk melintasi firewall atau NAT melalui penggunaan lubang jarum firewall. Tujuannya adalah untuk memungkinkan klien terhubung dengan aman ke server tepercaya yang bertindak sebagai perantara untuk tujuan mengirim / menerima data ke satu atau beberapa server tujuan.
    DPF dapat diimplementasikan dengan membuat aplikasi lokal, seperti SSH, sebagai server proxy SOCKS, yang dapat digunakan untuk memproses transmisi data melalui jaringan atau melalui Internet. Program, seperti peramban web, harus dikonfigurasi secara terpisah untuk mengarahkan lalu lintas melalui proxy, yang bertindak sebagai terowongan aman ke server lain. Setelah proxy tidak lagi dibutuhkan, program harus dikonfigurasi ulang ke pengaturan semula. Karena persyaratan manual DPF, itu tidak sering digunakan.
    E. Kesimpulan
    Dengan menggunakan port forwarding, kita bisa berlatih, belajar dan mengeksplorasi tantang bagaimana menghubungkan komputer jarak jauh dengan komputer di dalam jaringan LAN pribadi.
    F. Referensi
    https://en.wikipedia.org/wiki/Port_forwarding

    Mungkin itulah beberapa pembahasan tentang port forwarding, Semoga bemanfaat bagi kita semua. Terima Kasih !

    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    1 comment:

    Social Profiles

    Facebook Instagram Email

    Translate

    Total Pageviews

    Followers

    My Info

    SMK NEGERI PRINGSURAT
    LEARN for yesterday => LIVE for today => HOPE for tomorrow !

    Blog Archive

    Popular Posts

    Copyright © VINA'S - NOTES | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com