Saturday, April 1, 2017

Apa itu Fiber Optic Communication ?

Assalamu'alaikum wr. wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang apa sih yang dimaksud dengan fiber optic communication itu?

https://i.ytimg.com/vi/gIGOXNlvMsg/maxresdefault.jpg

A. Pengertian Fiber optic communication
Fiber optic communication adalah metode transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain dengan mengirimkan pulsa cahaya melalui serat optik . Lampu membentuk elektromagnetik gelombang pembawa yang dimodulasi untuk membawa informasi. Serat lebih disukai daripada kabel listrik ketika tinggi bandwidth yang, jarak jauh, atau kekebalan terhadap interferensi elektromagnetik diperlukan.
B. Latar Belakang
Banyak yang sudah tahu tentang fiber optic tetapi belum paham tentang fiber optic communication. Jadi saya ingin membagikan agar kita tahu.
C. Maksud dan tujuan
Agar kita bisa mengulas tentang fiber optic communication, tidak hanya terpusat di kabelnya saja.
D. Pembahasan
Serat optik digunakan oleh banyak perusahaan telekomunikasi untuk mengirimkan sinyal telepon, komunikasi internet, dan sinyal televisi kabel. Para peneliti di Bell Labs telah mencapai kecepatan internet lebih dari 100 petabit × kilometer per detik menggunakan komunikasi serat optik.
Pertama kali dikembangkan pada tahun 1970-an, serat optik telah merevolusi telekomunikasi industri dan telah memainkan peran utama dalam munculnya Era Informasi. Karena sifatnya keunggulan dibandingkan transmisi listrik , serat optik telah digantikan tembaga kawat komunikasi di jaringan inti di negara maju. 
Proses berkomunikasi menggunakan serat optik meliputi langkah-langkah dasar berikut :
  1. menciptakan sinyal optik yang melibatkan penggunaan pemancar, biasanya dari sinyal listrik.
  2. menyampaikan sinyal sepanjang serat, memastikan bahwa sinyal tidak menjadi terlalu terdistorsi atau lemah.
  3. menerima sinyal optik.
  4. mengubahnya menjadi sinyal listrik.
Jenis kabel fiber optic :
Serat optik kabel terdiri dari inti, cladding, dan penyangga (lapisan luar pelindung), di mana cladding memandu cahaya sepanjang inti dengan menggunakan metode refleksi internal total. Inti dan cladding (yang memiliki lebih rendah untuk indeks bias) biasanya terbuat dari berkualitas tinggi silika kaca, meskipun mereka dapat berdua akan terbuat dari plastik juga. Menghubungkan dua serat optik dilakukan dengan fusion splicing atau splicing mekanik dan membutuhkan keahlian khusus dan teknologi interkoneksi karena presisi mikroskopis diperlukan untuk menyelaraskan core serat.
Serat optik digunakan oleh banyak perusahaan telekomunikasi untuk mentransmisikan sinyal telepon, komunikasi internet, dan sinyal televisi kabel. Karena redaman dan interferensi yang jauh lebih rendah, serat optik memiliki keunggulan besar dibandingkan kawat tembaga yang ada pada aplikasi jarak jauh dan permintaan tinggi. Namun, pembangunan infrastruktur di kota-kota relatif sulit dan memakan waktu, dan sistem serat optik rumit dan mahal untuk dipasang dan dioperasikan. Karena kesulitan ini, sistem komunikasi serat optik terutama dipasang pada aplikasi jarak jauh, di mana mereka dapat digunakan untuk kapasitas transmisi penuh mereka, mengimbangi kenaikan biaya. Sejak tahun 2000, harga untuk komunikasi serat optik telah turun drastis.

E. Kesimpulan
Jadi, jika fiber optic itu kabelnya atau perantaranya, sedangkan fiber optic communication itu metodenya, cara kerja fiber opticnya, serta pengaplikasian FO ini sudah mulai pemerataan di kota - kota besar.
F. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Fiber-optic_communication 

Mungkin hanya itu dulu yang bisa saya sampaikan, semoga Bermanfaat. Terima kasih !

Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Facebook Instagram Email

Translate

Total Pageviews

Followers

My Info

SMK NEGERI PRINGSURAT
LEARN for yesterday => LIVE for today => HOPE for tomorrow !

Blog Archive

Popular Posts

Copyright © VINA'S - NOTES | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com