Friday, April 14, 2017

PERBEDAAN HUB DAN SWITCH

Assalamu'alikum wr. wb.

Welcome back to my blog!
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang perbedaan antara hub dan switch.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgu9zXDjX4vrqnEgQvdeM3bm6s2iBiTYJ57d84id-upYMNYl5sgaDOOainzHGO6eFXhJOe5ZEadTpKJvaifPO9BqV8msJr4tQf_OWRJIkxv_QS5RPLtCykD8Bd-ALYDvaxgga_h8MXoyjQ/s1600/hub+vs+switch.png


A. Pengertian Hub dan Switch
Nah, kita coba lihat dari pengertiannya terlebih dahulu.
Hub adalah sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment). Pusatan bekerja pada lapisan wujud (lapis 1) dalam acuan OSI (OSI model).
Sedangkan switch  adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan perangkat bersama pada jaringan komputer dengan menggunakan packet switching untuk menerima, proses, dan data ke depan untuk perangkat tujuan. Tidak seperti kurang maju hub jaringan, sebuah depan switch jaringan data hanya ke satu atau beberapa perangkat yang harus menerima itu, daripada penyiaran data yang sama dari masing-masing port.

B. Latar belakang
Di kalangan masyarakat awam, mayoritas belum mengetahui perbedaan antara hub dan switch.

C. Maksud dan tujuan
Agar kita mengetahui perbedaan antara hub dan switch.
D. Pembahasan

1. Lapisan Hub dan switch
Hub berada di lapisan fisik. Hub diklasifikasikan sebagai Layer 1 perangkat per model OSI. Sedangkan switch berada di Data Link Layer. Jaringan switch beroperasi pada Layer 2 dari model OSI.
2. Perbedaan kinerja hub dan switch
Sebuah switch secara efektif alternatif-kinerja yang lebih tinggi untuk hub. Orang-orang cenderung untuk mendapatkan keuntungan dari switch lebih hub jika jaringan rumah mereka memiliki empat atau lebih komputer, atau jika mereka ingin menggunakan jaringan rumah mereka untuk aplikasi yang menghasilkan sejumlah besar lalu lintas jaringan, seperti game multiplayer atau berbagi file musik berat. Secara teknis, hub beroperasi menggunakan model siaran dan switch beroperasi menggunakan model virtual circuit. Ketika empat komputer yang terhubung ke hub, misalnya, dan dua dari mereka komputer berkomunikasi satu sama lain, hub hanya melewati semua lalu lintas jaringan untuk masing-masing empat komputer. Switch, di sisi lain, mampu menentukan tujuan setiap elemen lalu lintas individu (seperti Ethernet frame) dan selektif forwarding data ke satu komputer yang benar-benar membutuhkannya. Dengan menghasilkan lalu lintas jaringan kurang dalam menyampaikan pesan, switch melakukan lebih baik daripada hub pada jaringan sibuk.
3. Fungsi hub dan switch
Untuk menghubungkan jaringan komputer pribadi bersama-sama, mereka dapat bergabung melalui hub pusat. Sedangkan switch memungkinkan untuk menghubungkan beberapa perangkat dan port dapat mengelola, VLAN dapat membuat keamanan juga dapat diterapkan.
4. Mode transmisi
Hub menggunakan Half duplex dan  switch menggunakan half / full duplex.
5. Kecepatan
Hub kecepatannya 10Mbps dan switch 10/100 Mbps, 1 Gbps.
6. Bentuk transmisi
Hub menggunakan sinyal listrik atau bit. Sedangkan switch Frame (L2 Beralih) Frame & Packet (L3 switch).
7. Jenis transmisi 
Hub bisa unicast, multicast atau broadcast. Sedangkan switch unicast dan multicast.
E. Kesimpulan
Sekarang kita tahu banyak perbedaan dari hub dan switch.
F. Referensi
http://www.diffen.com/difference/Hub_vs_Switch

Semoga bermanfaat :) Terima Kasih :)

Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Facebook Instagram Email

Translate

Total Pageviews

Followers

My Info

SMK NEGERI PRINGSURAT
LEARN for yesterday => LIVE for today => HOPE for tomorrow !

Blog Archive

Popular Posts

Copyright © VINA'S - NOTES | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com