Wednesday, March 8, 2017

TCP IP ?

Assalamu'alaikum wr. wb.

Selamat datang kembali di Vina Blog!
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang apa itu TCP / IP beserta beberapa penjelasan dan informasi yang saya ketahui tentang TCP / IP.

Hasil gambar untuk tcp ip

A. Pengertian TCP / IP
Suit protokol internet merupakan model jaringan komputer dan rangkaian protokol komunikasi yang digunakan di internet dan jaringan komputer yang mirip. Ia lebih dikenal sebagai TCP /IP .
TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) merupakan suatu protokol yang mengatur komunikasi data antar berbagai komputer yang terhubung dalam suatu jaringan komputer.
B. Latar Belakang
TCP / IP ini sering dan banyak berperan di dunia internet.

C. Maksud dan tujuan
Agar kita dapat menambah pengetahuan kita tentang TCP /IP.

D. Pembahasan
1. Sejarah TCP / IP
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.

2. Komponen - komponen TCP / IP
Berikut ini merupakan komponen - komponen TCP / IP  secara umum, yaitu :
a. IP Address
Merupakan sebuah kombinasi unik yang dituliskan dalam angka desimal yang dibagi dalam empat segmen. Tiap segmennya mewakili 8 bit dari alamat yang memiliki panjang 32 bit untuk keseluruhannya.
Fungsi dari IP  itu adalah identifikasi atau sebagai identitas setiap host pada jaringan.
b. Netmask
Netmask atau subnetmask berfungsi untuk menunjukkan berapa pembagian panjang bit network dengan bit host untuk mengetahui berapa jumlah jumlah host yang dapat terkoneksi di dalam sebuah network. Misalnya untuk kategori alamat IP kelas C dengan netmask 255.255.255.0 , maka penentuannya adalah 24 bit pertama (bit network dan 8 bit sisanya adalah bit host).
c. Network Address
Sebuah host tidak pernah berdiri sendiri namun memerlukan host lain dan bergabung membentuk sebuah network. Alamat network yang terbentuk inilah yang disebut Network Address. Network Address didapat dengan membuat seluruh bit host menjadi 0. Misalnya IP address 192.168.1.1 dengan alamat IP kelas C maka Network Addressnya adalah 192.168.1.0.
d. Broadcast Address
Broadcast Address adalah alamat dimana agar semua host yang berada di dalam sebuah network dapat dikirimkan data secara simultan. Gunanya agar apabila ada sebuah host yang ingin mengirimkan data ke seluruh host yang ada di suatu jaringan tertentu, maka host tersebut tidak perlu membuat replika datagram sebanyak jumlah host tujuan karena hal secamam ini akan meningkatkan pemakaian bandwidth dan beban kerja host pengirim. 
Jadi host pengirim cukup mengirimkan data ke alamat broadcast saja maka secara otomatis seluruh host yang ada di satu network tersebut akan menerimanya. Broadcast Address didapat dengan membuat bit host menjadi 1 (kebalikan dari Network Address), jadi misalnya IP addressnya adalah 192.168.1.1, maka Broadcast Addressnya adalah 192.168.1.255.
e. Gateway Address
Gateway adalah alamat IP yang menghubungkan sebuah jaringan dengan jaringan yang lain. Jadi apabila sebuah host ingin berkomunikasi dengan host lain dalam sebuah jaringan yang berbeda, maka host tersebut harus melewati Gateway Address terlebih dahulu untuk mencapai host yang satunya. 
f. Name Server Address
Nameserver Address adalah IP milik sebuah server Domain Name Service (DNS) yang bertujuan untuk menerjemahkan sebuah domain menjadi IP address maupun sebaliknya. Sampai sini saya harapkan setidaknya kalian sudah mulai sedikit mengerti dasar-dasar mengenai jaringan komputer. 
Dari sejarah jaringan, jenis-jenis jaringan seperti apa, perangkat-perangkat jaringan yang digunakan itu seperti apa, hingga TCP/IP. Walaupun begitu, materi dasar jaringan yang dibahas disini sangat sedikit sekali dan masih kurang lengkap, jadi saya sarankan bagi kalian untuk mencari bahan referensi buku lain yang membahas dasar-dasar jaringan secara lebih rinci dan lebih jelas.

E. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/TCP-IP
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Wassalamu'alaikum wr. wb.

0 komentar:

Post a Comment

Social Profiles

Facebook Instagram Email

Translate

Total Pageviews

Followers

My Info

SMK NEGERI PRINGSURAT
LEARN for yesterday => LIVE for today => HOPE for tomorrow !

Blog Archive

Popular Posts

Copyright © VINA'S - NOTES | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com